Ukir Prestai, Wujudkan Mimpi

3 Februari 2012

Evaluasi Diri Sekolah/Madrasah (EDS/M)

Aduh jumpa lagi ya. Kali ini saya akan mencoba berbagi tentang EDS/M.

Evaluasi diri sekolah/madrasah atau EDS/M adalah proses evaluasi diri sekolah/madrasah yang bersifat internal yang melibatkan pemangku kepentingan untuk melihat kinerja sekolah/madrasah berdasarkan SPM dan SNP yang hasilnya dipakai sebagai dasar penyusunan RKS/M dan sebagai masukan bagi perencanaan investasi pendidikan tingkat kabupaten/kota
Tujuan dari EDS/M itu sendiri antara lain : Sekolah/madrasah menilai kinerjanya berdasarkan SPM dan SNP ; 1.Sekolah/madrasah mengetahui tahapan pengembangan dalam pencapaian SPM dan SNP; 2. Sebagai    dasar peningkatan mutu pendidikan yang bermuara pada peningkatan mutu peserta didik; 3.Sekolah/madrasah dapat menyusun Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah (RPS/M) atau Rencana Kegiatan Sekolah/Madrasah (RKS/M) sesuai kebutuhan nyata menuju ketercapaian implementasi SPM dan SNP.

Dan manfaatnya adalah : 1. Mengidentifikasikan kelebihan serta kekurangannya sendiri dan merencanakan pengembangan ke depan; 2. Memiliki data dasar yang akurat untuk pengembangan dan peningkatan di masa mendatang; 3. Mengidentifikasikan peluang untuk meningkatkan mutu pendidikan yang disediakan, mengkaji apakah inisiatif peningkatan tersebut berjalan dengan baik dan menyesuaikan program sesuai dengan hasilnya; 4. Memberikan laporan formal kepada pemangku kepentingan demi meningkatkan akuntabilitas sekolah/madrasah.

Sekolah/madrasah melakukan EDS/M setiap tahun. Sekolah/madrasah melakukan EDS/M pada waktu pergantian tahun ajaran. Sekolah/madrasah mencatat dan melaporkan setiap ada perubahan (penurunan atau perbaikan) indikator standar. Sekolah/madrasah meng-update data ketika menyusun program dan anggaran sekolah/ madrasah.

Untuk Format EDS/M anda bisa unduh disini

Semoga bermanfaat ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar